Mengenal Seluruh Komponen Komputer Pentium

Mengenal Seluruh Komponen Komputer Pentium – Perkembangan teknologi memang sudah tidak bisa dibendung lagi. Pasalnya industri telekomunikasi dan informasi terus mengalami kemajuan hingga saat ini. Di abad 21 kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan keberadaan komputer desktop dengan sebutan pentium. Komputer pentium sendiri telah mengalami evolusi sebanyak 5x selama 30 tahun terakhir. Mulai dari bentuk besarnya yang berubah semakin kecil hingga menjadi fleksibel (laptop). Atau dari ruang penyimpanannya yang dulu hanya berkapasitas sekian megabytes sekarang sudah menjadi tera bytes.

komponen komputer jaman sekalarang

Komputer masa kini

Suksesnya industri gawai tersebut tentu tidak terlepas dari komponen komputer pentium yang dikembangkan. Komponen pun menjadi hal krusial yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan teknologi. Dalam artikel kali ini kita akan membahas berbagai macam komponen serta perkembangan komputer khususnya pentium hingga menjadi teknologi core I7. Dengan mempelajari materi ini akan menambah wawasan kita tentang ilmu komputer dan jaringan.

Mengenal Seluruh Komponen Komputer Pentium

Berada di kelas TKJ mengharuskan kita mempelajari seluk beluk komputer mulai dari awal mula terciptanya, perkembangan, manfaat, hingga setiap komponennya. Nah untuk anda yang lahir di tahun 90an tentu tidak asing dengan sebutan komputer pentium (intel pentium). Teknologi komputerisasi yang pernah trend di masanya ini ternyata masih menimbulkan kesan tersendiri untuk orang yang pernah menggunakannya.

Banyak sekali orang jaman dulu harus rela mengantri di warnet hanya untuk merasakan kecepatan proses dari komputer pentium generasi 4. Memang sangat lucu jika membayangkan jaman dulu dan membandingkannya dengan era modern seperti saat ini. Mengapa demikian? Karena semua akan tampak sangat berbeda.

Pengertian pentium

Kata pentium sebenarnya menyasar pada teknologi prosesor intel yang diaplikasikan pada generasi komputer dari masa ke masa. Pentium sendiri menggunakan teknologi superskalar dan merupakan chip prosesor pertama di masanya. Kecepatan dari setiap generasi komputer pentium pun juga berbeda beda mulai dari 60Mhz hingga 480Mhz. Penamaan versinya pun juga akan disesuaikan dengan tingkat kecepatan prosesor itu sendiri.

Komponen komputer pentium khususnya prosesor dibuat dengan mengaplikasikan teknologi bipolar Cmos 700 nanometer. Dengan kata lain socket prosesor yang ditanam pada motherboard akan terlihat sangat besar karena memiliki total 700 kaki pin. Untuk menetralisirkan hawa panas yang dihasilkan, komputer pentium generasi pertama juga memerlukan komponen tambahan mengingat ukuran prosesornya yang bongsor.

Generasi penerus pentium

Berdasarkan situs www.antotunggal.com Hingga tahun 2019 komputer terus mengalami peningkatan kualitas dari segi komponen mulai dari motherboard yang disesuaikan, bentuk ram yang kian mengecil, harddisk yang sudah diganti menjadi SSD dan lain sebagainya. Bahkan sekarang kita bisa dengan mudah menemukan komputer portable yang bisa dibawa kemana mana sehingga lebih praktis. Kita bisa menyebutnya komputer pentium generasi ke 5 atau laptop.

Komponen komputer pentium yang satu ini bisa dibilang sudah canggih dan terus mengalami perkembangan seiring berjalannya tahun. Tidak menutup kemungkinan jika suatu saat anak cucu kita akan menemukan teknologi komputerisasi yang lebih canggih, lebih fleksibel, lebih ringan, dan tentunya lebih bermanfaat.

Nah itulah sedikit review singkat tentang berbagai komponen pentium yang ditanamkan dalam komputer abad 21. Untuk mendapatkan update terbaru seputar pendidikan teknologi khususnya pengembangan jurusan TKJ silahkan follow blog www.antotunggal.com karena disana sangat lengkap. Mulai dari materi setting jaringan, restorasi PC hingga, laporan prakerin sudah disediakan. Masih bingung? ajukanlah pertanyaan kritik dan saran melalui kolom komentar yang sudah saya sediakan ya. Kritik kalian akan sangat membantu memajukan situs saya yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *