Kenalilah ECU pada Mobil dan Penyebab Rusaknya Secara Detail

Dikala arus kemajuan data bertambah melesat, zona otomotif pula tidak ingin takluk. Memanglah dulu mobil itu benda mekanikal yang memiliki sistem- sistem mekanis. Tetapi saat ini, 80% sistem didalam mobil telah berteknologi listrik. Salah satunya pada mesin, sewa mobil banjarmasin siapa yang tidak tahu dengan EFI system? sistem yang terbuat buat mengambil alih karburator ini teruji mempunyai angka kemampuan serta emisi yang lebih bagus. Dari sebagian bagian- bagian EFI, terdapat satu bagian yang bisa jadi belum Kawan tahu ialah ECU mobil. Apa penafsiran ECU serta apa guna ECU? kita hendak mengulasnya dibawah.

Memahami ECU Pada Mobil

Penafsiran ECU Mobil

Apa itu ECU? ECU ialah kependekan dari Electronik Control Bagian, cocok namanya bagian ini tentu berperan bagaikan sirkuit elektronik penting pada suatu mobil. Memanglah mobil terdapat sirkuit elektronik semacam Televisi ataupun pc?

Seperti itu istimewanya mobil saat ini, semacam yang dijamah diawal kalau nyaris semua sistem dalam mobil saat ini telah mengadopsi teknologi elektronika. Alhasil dapat dibilang mobil itu semacam benda elektronika yang mempunyai sirkuit penting.

ECU mobil bagaikan sirkuit penting mempunyai kedudukan bagaikan central controller ataupun bila pada pc hingga ECU itu semacam CPU yang mengatur guna perangkat keras. Pada mobil, sewa mobil alphard banjarmasin hardware- hardware yang dikendalikan berbentuk aktuator yang bertugas mengambil alih sistem mekanis semacam injektor, VVT, Electric Fan, serta yang lain.

Guna ECU Mobil

ECU mempunyai guna buat menata sebagian sistem berarti pada mobil antara lain;

Menata awal serta daya muat gasolin pada injektor.

Menata durasi penyalaan belukut cocok situasi mesin.

Menata timming awal katup cocok situasi mesin.

Menata kemampuan kipas penyejuk mesin.

Menata pengenalan kunci mobil.

Menghidupkan sirine mobil dikala terdapat kendala.

Guna diatas, sedang dengan cara biasa serta sesungguhnya sedang banyak lagi guna dari ECU mobil ini.

Memahami ECU Pada Mobil

Macam–Macam ECU pada kendaraan

Butuh dikenal pula, ECU mobil ialah bagian controller yang menata kemampuan sesuatu sirkuit elektrikal totalitas pada suatu mobil. Bagian ini umumnya terdiri dari sebagian module, antara lain:

1. ECM( Engine control module)

Ialah module yang spesial menata kemampuan mesin. Dari mulai cara starting, penyalaan belukut, injeksi materi bakar, sampai cara cooling.

2. PCM( powertrain control module)

Module yang spesial menata kemampuan sistem powertrain mobil. Umumnya module ini hendak membenarkan gerakan daya dari mesin hingga keroda dengan berdaya guna. Serta module ini cuma terdapat pada sebagian mobil saja.

3. BCM( body control module)

Merupakan module yang spesial menata kemampuan kelistrikan body semacam lampu, horn, wiper otomatis atau buku petunjuk. Serta sistem hiburan pada dashboard.

4. TCM( transmission control module)

Module ini cuma terdapat pada mobil bertransmisi otomatis. Gunanya nyata buat menata perpindahan serta moment transmisi cocok RPM mesin serta situasi pengemudian.

5. ABS Control Module

Module yang diletakan pada mobil berteknologi rem ABS. Gunanya menata sistem pengereman buat menghindari cakra terkunci ataupun berkas dikala terletak dijalanan licin. Module ini pula berfungsi dalam sebagian sistem keamanan semacam elektronik stability system serta hill mulai assist.

6. HVAC Control Module

Module ini pula cuma ditemui pada mobil yang mengangkat auto AC system. Module ini membolehkan pengaturan perputaran kabin dengan cara otomatis cocok atmosfir didalam serta diluar kabin.

7. Airbag Control Module

Sistem airbag merupakan sesuatu fitur passive safety system ataupun sistem keamanan adem ayem dikala terjalin hantaman buat menghindari cidera pada sebagian bagian badan penumpang. Module inilah yang bekerja meningkatkan kantong ini.

Nah Kawan, bila kalian telah mengerti pertanyaan guna serta berbagai ECU mobil. Kalian butuh mengenali pemicu serta karakteristik ECU mobil cacat. Kenapa wajib ketahui? sebab apabila hingga ECU mobil cacat, mobilmu tidak dapat bercahaya serta telah tentu kalian pula wajib sedia merogoh kocek buat bayaran ubah ECU mobil.

ECU Mobil Cacat, Apa Pemicu serta Cirinya?

Serupa semacam bagian serta bagian yang lain dari mobil, ECU juga dapat hadapi kehancuran. Biasanya, kehancuran ECU mobil diakibatkan oleh sebagian perihal. 2 perihal di antara lain yakni jarak tempuh mobil yang telah lumayan jauh dan aspek umur alat transportasi itu.

Memahami ECU Pada Mobil

Dituturkan, mobil- mobil injeksi yang telah berumur 10 tahun ke atas sering hadapi kehancuran pada ECU mobil.

Berikutnya, terdapat sebagian karakteristik kehancuran ECU mobil yang lazim terjalin, ialah:

Mesin sulit dihidupkan walaupun telah distarter berkali- kali

Abur materi bakar meski jarak tempuh tidak sangat jauh

Mesin sering tersendat dikala dipacu di jalan

Daya mesin mobil bertambah menurun serta terasa berat dikala dikendarai

Lampu check engine pada bentuk dasbor lalu menyala apalagi mati keseluruhan.

Panduan Koreksi ECU Mobil

Berikutnya, bila Kawan telah percaya terjalin kehancuran ECU mobil, terdapat sebagian panduan yang bisa dicoba buat membenarkan keadaannya. Semacam ini ilustrasinya:

Mengecek semua rute PCB yang terserang larutan serta ataupun yang putus;

Melaksanakan kir bagian elektronik kaki- kaki; serta

Mengubah elko mobil dengan farad dan voltase yang serupa.

Buat mengenali posisi kehancuran ECU mobil dengan cara global, butuh terdapat kir raga. Berikutnya, dibutuhkan pula pembongkaran supaya bagian dalam mobil bisa ditilik dengan perlengkapan multitester.

Harga ECU Mobil

Sedangkan itu, bila ECU tidak dapat diperbaiki, alternatif yang bisa dicoba merupakan melaksanakan penukaran. Hasil kontrol regu, harga ECU mobil berkisar di nilai Rp1 juta ke atas. Tetapi butuh di ingat Kawan, beda jenis mobil dan kualitasnya, kian mahal pula harga ECU yang ditawarkan.

Di bagian lain mengatakan kalau harga ECU dapat terkait pada:

Situasi ECU mobil, terkini ataupun sisa( copotan);

Kecanggihannya

Jenis mobil keluaran Eropa mempunyai harga ECU mobil lebih mahal dari yang dipunyai alat transportasi keluaran Jepang.

Dicontohkan, ECU mobil Toyota Avanza cuma berkisar di nilai Rp2 juta sedangkan Camry telah mendobrak nilai Rp4 juta. Beda lagi dengan mobil keluaran Eropa. Biayanya ECU mobil itu dapat menggapai Rp30 juta tercantum pelayanan coding.

Nah Kawan begitulah penafsiran mengenai ECU pada alat transportasi Kawan. Mudah- mudahan uraian diatas dapat menaikkan pengetahuan Kawan mengenai alat transportasi. Serta buat lalu melindungi mobil kesayangan dalam penampilan yang maksimum, Kawan butuh melaksanakan pemeliharaan mobil dengan cara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *