Jenis-jenis Sampah Beserta Contohnya

Tentunya Anda tidak asing dengan sampah. Namun, agar pengolahan sampah menjadi lebih maksimal maka kenali dulu jenis-jenis sampah di sekitar anda. Simak bagaimana jenis-jenis sampah beserta contohnya berikut ini.

Jika Anda bepergian, tentunya anda akan sangat mudah melihat sampah. Anda bisa melihat sampah di mana-mana, mulai dari tempat sampah, lingkungan anda tinggal, bahkan tidak sedikit sampah yang berada di jalan. Baik itu sampah plastik, kertas, daun, dan sebagainya.

Apakah anda tahu, dari manakah sampah itu berasal? Sampah berasal dari banyak sumber. Sumber sampah dihasilkan oleh alam seperti daun, sampah rumah tangga seperti plastik detergen, sampah manusia seperti feses, sampah konsumsi, sampah industri, sampai sampah nuklir.

Jumlah sampah selalu meningkat setiap harinya. Jika tidak diatasi maka bumi ini akan penuh sampah. Namun banyak sampah yang dapat diolah seperti didaur ulang, digunakan kembali, atau dikurangi penggunaannya.

Supaya proses pengolahannya menyeluruh, maka dibutuhkan pengetahuan mengenai jenis-jenis sampah beserta contohnya.

Jenis-jenis Sampah Beserta Contohnya

Sampah merupakan benda yang dibuang karena sudah tidak digunakan lagi oleh manusia. Dampak sampah sangat berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan makhluk hidup, namun dapat bernilai ekonomis jika diolah dengan baik.

Untuk itu, simak jenis-jenis sampah beserta contohnya. Yang akan saya uraikan di bawah ini yaitu jenis sampah berdasarkan sifatnya.

  • Sampah Organik

Jika anda melihat sampah yang dapat diuraikan sendiri oleh alam, maka sampah tersebut termasuk ke dalam sampah organik. Sampah jenis ini mudah diuraikan dan dibusukkan.

Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk padat atau cair yang bermanfaat untuk tanaman. Contoh sampah organik yaitu daun, sisa makanan, sampah manusia, sayuran, sampah pertanian dan peternakan.

  • Sampah anorganik

Selain jenis-jenis sampah beserta contohnya di atas, berdasarkan sifatnya juga terdapat sampah anorganik.

Sampah ini tidak dapat diuraikan atau dibusukkan oleh alam, maka ada juga tempat sampah organik dan anorganik

Sehingga, upaya mengurangi jumlahnya melalui pengolahan menjadi produk lain atau digunakan lagi untuk keperluan lainnya.

Jika sampah organik diolah dengan baik, maka akan menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi. Contoh sampah anorganik yaitu plastik, kertas, karton, botol plastik, kaca, dan kaleng.

  • Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

Sampah jenis ini secara teknologi belum dapat diolah serta memiliki sifat berbahaya dan beracun. Oleh sebab itu, upaya menguranginya dengan penggunaannya yang seperlunya dan tidak berlebihan. Contoh jenis sampah berbahaya ini yaitu sampah rumah sakit.

Itulah  jenis-jenis sampah beserta contohnya. Gunakanlah barang sesuai dengan kebutuhan. Dan pintar-pintarlah dalam melakukan pengolahan sampah supaya produksi sampah dapat berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *