Bisnis Sepi Disaat Sekarang, Gunakan Cara Ini Agar Naik Kembali

Untuk menjalankan sebuah bisnis memang tidak bisa dibilang mudah, karena dibutuhkan kerja keras dan konsisten dalam menjalankan bisnis tersebut. Hambatan yang harus Anda hadapi saat berbisnis juga sangat banyak, jika Anda salah langkah saja bisa mengancam bisnis tersebut dan bisa saja gulung tikar. Seperti halnya sekarang ini, karena pandemi covid-19 banyak pengusaha yang menutup bisnis-bisnisnya karena menelan kerugian yang cukup besar.

Bisnis Sepi Disaat Sekarang, Gunakan Cara Ini Agar Naik Kembali

Bisnis yang sepi karena covid-19 memang dirasakan hampir seluruh pengusaha yang ada di dunia. Ada yang bertahan dan ada juga yang sebaliknya. Untuk menaikkan bisnis kembali, maka diperlukan cara-cara yang ampuh. Disini ada beberapa beberapa cara yang bisa Anda ikuti, seperti:

  1. Tetap membangun hubungan baik dengan pelanggan
    Sebagai seorang pebisnis baik yang sudah berpengalaman ataupun baru, sudah seharusnya Anda memiliki database konsumen. Database ini sangat penting lho, karena dengan adanya database Anda bisa tetap berkomunikasi dengan pelanggan agar Anda tidak kehilangan mereka.
  2. Persiapkanlah rencana
    Disaat bisnis sedang sepi, maka Anda harus memutar otak agar bisnis bisa berjalan lancar kembali. Maka dari itu diperlukanlah rencana untuk menjalankannya. Agar bisa mencapai target yang di inginkan maka Anda perlu menyusun strategi dari dari jauh-jauh hari dan mencobanya beberapa waktu kedepan.
    Contohnya saja, jika Anda ingin menaikkan jumlah pelanggan cobalah untuk melakukan berbagai promosi seperti memberikan souvenir barang promosi. Karena pelanggan juga akan lebih antusias jika ada “hadiah” untuk mereka. Cara ini memang terbilang ampuh agar bisa menarik perhatian pelanggan.
  3. Belajar
    Memang hampir semua pebisnis mengeluhkan sepi, tapi jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk tidak mau belajar. Karena siapa tau bisnis Anda sepi karena ada kesalahan dalam penjualan selama ini. Cobalah untuk mempelajari apa saja kesalahan yang pernah Anda lakukan saat menjalankan usaha ini. Selain itu Anda juga perlu belajar bagaimana cara yang tepat untuk menaikkan omset penjualan. Sebenarnya Anda bisa dengan mudah “mencontek” ilmu dari pengusaha yang sudah sukses dalam menaikkan omset, karena Anda hanya perlu mencarinya di internet.
  4. Lakukan inovasi
    Jangan ragu untuk melakukan inovasi. Karena dengan adanya inovasi, konsumen tidak merasa bosan. Sebaliknya jika Anda tidak melakukan inovasi, bisa saja konsumen merasa bosan dan malah menghilang. Kalau Anda berbisnis souvenir, bisa melakukan inovasi tumbler souvenir yang menarik perhatian konsumen dengan menggunakan warna-warna yang cerah dan bentuk menarik atau bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen.
  5. Selalu memperhatikan kualitas produk dan harga
    Mungkin Anda sering mendengar istilah “ada harga ada kualitas” ya, tapi cobalah membuat suatu barang dengan kualitas yang baik tapi dengan harga yang bersahabat. Meskipun harga bersahabat, tapi tidak membuat bisnis yang Anda jalankan merugi. Anda juga bisa mencoba riset simple agar bisa mengetahui harga barang yang kompetitor jual. Harga yang ditawarkan juga harus pas, artinya tidak terlalu tinggi atau rendah.
  6. Jual aset yang tidak dibutuhkan
    Masa pandemi memang menyulitkan pebisnis untuk mengeluarkan modal. Cobalah untuk menjual aset yang tidak dibutuhkan lagi. Tentunya cara ini harus Anda pikirkan dengan matang agar tidak salah langkah dalam mengambil sebuah keputusan.
  7. Membangun usaha sampingan
    Banyak pebisnis yang tidak hanya menggeluti satu bisnis saja. Anda juga bisa melakukannya, misalnya saja percetakan untuk souvenir barang promosi. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga berlipat jika membangun usaha sampingan ini.

Meskipun bisnis sedang sepi disaat sekarang, tapi Anda tidak boleh menyerah dengan keadaan yang ada. Selagi masih bisa berusaha, cobalah untuk terus mempertahankan bisnis tersebut dengan melakukan cara-cara seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *